NIAS UTARA-KATANIAS.COM
Pemerintah Kabupaten Nias Utara menggelar Seminar Nasional Kepariwisataan Dengan Tema ‘Percepatan Pembangunan Kepariwisataan Kepulauan Nias’, di Aula Pendopo Bupati Nias Utara, Kamis 11/12/2018 sekira pukul 10. 00 Wib, siang tadi.

Dalam sambutannya Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara mengungkapkan, pariwisata merupakan sektor yang memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia dan penyumbang devisa negara terbesar kedua setelah kelapa sawit. Hal itu, berdasarkan TTCI atau Travel &Tourism Competitiveness Index yang resmi dikeluarkan oleh WEF (World Economic Forum) pada tanggal 6 April 2017 lalu.

“Daya saing pariwisata Indonesia untuk saat ini berada di peringkat ke 42 dunia dengan skor 4,16 dengan persentase 6% dari ekspor Negara. Dan sektor yang paling mudah menciptakan lapangan kerja, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan melestarikan lingkungan hidup, sehingga tercipta pembangunan kepariwisataan yang berkelanjutan, yakni pembangunan pariwisata,” pungkas politisi Partai berlambang pohon beringin itu.




Selaku orang nomor satu di Kabupaten Nias Utara ini, Bupati Ingati Nazara mengharapakan, pariwisata menjadi lokomotif yang dapat mendorong pertumbuhan melalui peluang investasi, peluang kerja dan peluang usaha. Sebab, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan terkhusus untuk Kepulauan Nias dan Kabupaten Nias Utara, imbuhnya.

Tampak hadir dalam Seminar Nasional Kepariwisataan tersebut, Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu, Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Nias Utara, perwakilan Polres Nias, Camat se-Kabupaten Nias Utara, Pelaku Pariwisata se-Kepulauan Nias, Pimpinan dan perwakilan mahasiswa Perguruan Tinggi se-Kepulauan Nias, Kepala Bank Sumut Capem Lotu, Danramil 06 Tuhemberua, Kepala SMK Jurusan Pariwisata, dan para narasumber, Ephorus BNKP Tuhoni Telaumbanua, Agus H. Mendofa, dan Kabag Perencanaan Polres Nias S. Simanjutak beserta hadirin lainnya.# Umbu Z Delau/Yanto Ndruru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here