Kerja Cepat, 2 Pelaku Pengedar Narkoba Diringkus Polres Nias

0
2389

GUNUNGSITOLI– KATANIAS.COM
Bagaikan kejar setoran, Tim Buru Sergap Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Nias meringkus dua pria yang diduga melakukan transaksi narkotika jenis Sabu. Keduanya ditangkap di Jalan Yos Sudaro Desa Ombalata Ulu, Kecamatan Gunungsitoli, Senin 14/1/2019 malam kemarin. Dan bila terbukti, maka Kedua tersangka terancam dihukum 20 tahun penjara.

Dibeberkan Kepala Polres Nias AKBP Deni Kurniawan, kedua pelaku yang diduga melakukan teransaksi narkoba jenis sabu itu dikenakan pasal berlapis. Yakni Pasal 114 ayat 1 subsider Pasal 112 ayat 1 subsider Pasal 132 ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 35 tahun 2009 Tentang Narkotika. “Hukumannya bisa sampai 20 tahun penjara,” ujarnya melalui PS. Paur Subbag Humas Polres Nias, Bripka Restu Gulo.

Restu mengungkapkan identitas kedua tersangka. Pertama adalah EZD yang masih berusia 19 tahun. Pria berstatus mahasiswa ini tercatat sebagai warga Jalan Yos Sudarso Kelurahan Saombo, Kota Gunungsitoli. Kedua, adalah EJT yang berusia 18 tahun. Pria yang hanya masih berstatus sebagai pelajar ini adalah warga Jalan Golkar Desa Iraono Geba, Kecamatan Gunungsitoli. Keduanya diringkus saat hendak melakukan transaksi narkoba jenis Sabu,” jelas Bripka Restu Gulo.

Kronologis penangkapan, lanjut Restu Gulo, diawali informasi yang diterima Polisi dari masyarakat. Tidak main-main, Polisi diberitahu akan ada transaksi narkoba di Jalan Yos Sudarso Desa Ombalata Ulu, Gunungsitoli. Mendapat informasi itu, Kasat Narkoba Iptu Martua Manik bersama Kaur Bin Ops Satr Res Narkoba Ipda Hesena Ziliwu dan tim Opsnal bergerak menuju kawasan Jalan Yos Sudarso untuk mengebangkan informasi. Sehingga didapatilah kedua tersangka yang diduga sedang melakukan transaksi narkoba jenis sabu.

Dari hasil penggeledahan EZD dan EJT diamankan sejumlah barang bukti. Antara lain satu buah plastik klep bening berisi kristal yang diduga narkotika jenis sabu. “Kami melakukan pengembangan berdasarkan keterangan tersangka EZD dan EJT itu. Dan keduanya dibawa ke Markas Komando untuk dilakukan pemeriksaan bersama dengan barang bukti lainnya, yakni satu buah Handphone Android Merk Samsung, satu buah dompet warna hitam merk Levis dan satu unit Sepeda Motor Merek Honda Supra X warna merah dengan nomor Polisi BB 2681 UA, ujar Restu Gulo

Bukan hanya itu, lanjut Restu, setelah dilakukan pemeriksaan, kedua tersangka mengakui bahwa mereka telah menyembunyikan lagi narkotika jenis sabu tidak jauh dari TKP. Mendengar pengakuaan kedua tersangka, Polisi kembali mendatangi TKP dengan membawa kedua tersangka. Dan akhirnya ditemukan barang bukti satu buah plastik klep bening berisi kristal diduga narkotika jenis sabu yang dibungkus dalam kertas timah rokok dekat tiang listrik dengan jarak tidak jauh dari TKP, imbuhnya. Umbu Zomasi Telaumbanua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here