Goes To Campus, KPU Nias Ajak Mahasiswa Jadi Agen Pemilu

0
196

GUNUNGSITOLI-KATANIAS.COM
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nias melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilih. Kegiatan yang bertema goes to campus tersebut, digelar diruang yudisium Kampus IKIP Gunungsitoli, Sabtu 12/1/2019 dimulai sekira pukul 9 wib.

Mantan Komisioner KPU Kota Gunungsitoli, Hamdan Telaumbanua, didampingi dua Komisioner KPU Kabupaten Nias, Iman Murni Telaumbanua dan Sitori Mendrofa, hadir sebagai Narasumber. Dengan jumlah 30 peserta yang merupakan utusan dari mahasiswa Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Gunungsitoli.

Sebagai narasumber dari pihak KPU Kabupaten Nias Hamdan Telaumbanua menjelaskan, tujuan di adakannya Sosialisasi pendidikan pemilih ini adalah, untuk meningkatkan kecerdasan dan partisipasi pemilih. Dan juga mengajak mahasiswa mengetahui teknis dan tahapan penyelenggara pemilu secara keseluruhan pada pemilu 2019 serta peran mahasiswa IKIP Gunungsitoli bisa jadi agen pemilu atau penyambung lidah antara pihak KPU dengan Masyarakat.

“Sebagai kaum milenial, sangat penting untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu. Pemilu dan Pilpres 2019 nanti adalah hajatan kita bersama. Jadi, mari kita sama-sama awasi jalannya Pemilu. Sebab, keterlibatan mahsiswa dalam pengawasan Pemilu, bisa dilakukan dengan mengajak keluarga, saudara dan sahabat agar dapat membantu meningkatkan partisipasi masyarakat serta dapat tercipta penyelenggara pemilu yang aman, lancar dan damai, ujar eks Komisioner KPU Kota Gunungsitoli periode 2013- 2018 ini.

Hamdan menyebutkan, sebagai pemilih pemula yang masih berkutat pada bidang pendidikan, mahasiswa bisa membantu memberikan edukasi kepada keluarga dan tetangga dalam mengidentifikasi ataupun mempelajari profil calon yang akan dipilih. “Termasuk mengawasi agar teman, saudara atau keluarga tidak mencoblos dua kali. Ini bentuk pengawasan yang bisa dilakukan teman-teman,” bebernya.

Bukan hanya itu, Hamdan berharap mahasiswa dapat melibatkan diri di kegiatan kepemiluan. Pasalnya kata dia, satu suara mahasiswa pada pemilu mendatang, turut memberikan sumbangsih bagi tercapainya pemilu yang sukses. “Melalui sosialisasi ini, kita harapkan nantinya mahasiswa bisa maelibatkan diri secara langsung dalam kepemiluan. Kalau bisa, nanti tiap tahapan pemilu 2019, mahasiswa bisa berpartisipasi aktif,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan IKIP Gunungsitoli Adrianus Zega menuturkan, sangat menyambut baik kegiatan tersebut. “Kita sangat menyambut baik atas kerjasama yang dilakukan pihak KPU Kabupaten Nias yang telah melakukan sosialisasi di lingkungan IKIP Gunungsitoli. Dan semoga kerjasama ini dapat berjalan terus menerus,” pungkasnya. Niasti Zalukhu/Nindiyanto Ndruru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here