Embat Motor Milik Syamsul Efendi, Pelajar SMA Diciduk Polres Nias

0
1263

Modus Pelaku Ingin Memiliki

GUNUNGSITOLI-KATANIAS.COM
Nekat memang nekat. Seorang pelajar salah satu Sekolah Menengah Atas di Lingkungan Kota Gunungsitoli diringkus Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Nias, Selasa 22/1/2019 di salah satu kost di Desa Sisobahili Kecamatan Gunungsitoli. Apa pasal ? Ia nekat menggondol sepeda motor milik Syamsul Efendi Sikumbang yang tinggal di Kelurahan Ilir Gunungsitoli (46). Motor merek Honda warna hitam itu, bernomor Polisi BB 5367 TE.

Ia adalah FZ alias Rius yang tercatat warga Desa Onozitoli Sifaoroasi, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli. Pemuda tanggung yang masih berusia 18 tahun itu mengaku sebagai pelajar di salah satu SMA yang ada di Kota Gunungsitoli.

Diungkapkan Kepala Polres Nias, AKBP Deni Kurniawan, saat ini pelaku telah diamankan di Ruang Tahanan Polres Nias untuk proses hukum lebih lanjut. “Dan proses terhadap pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus curanmor itu” katanya saat menggelar konferensi pers di Lobi Mapolres Nias yang didampingi Kasat Lantas Polres Nias, AKP Pasta Sitepu dan Ps. Paur Subbag Humas Polres Nias, Bripka Restu Gulo, Kamis 24/1/2019, sore kemarin.

Deni Kurniawan membeberkan, penangkapan pelajar itu berawal saat Satuan Lalulintas menggelar razia kendaraan bermotor di Kota GunungsitoliL tanggal 10 Desember 2018 lalu. Dimana saat itu, Polisi menilang sepeda motor milik korban yang dibawa oleh teman pelaku Eben Harefa. Namun, saat ditanya surat-suratnya, Eben mengaku bahwa motor tersebut bukan miliknya tapi yang dia pinjam dari temannya FZ.

“Karena tidak dapat memperlihatkan surat-suratnya, kemudian motor itu dibawa ke Markas Polres Nias untuk diamankan. ” Setelah diamankan di Polres Nias, tiba-tiba salah seorang teman Syamsul Efendi memberitahu bahwa motor itu adalah milik tetangganya yang hilang pada bulan Desember lalu,” terang perwira menengah dengan dua melati emas di pundak itu.

Usai mendapatkan informasi, lanjut Deni Kurniawan, Polisi pun melakukan penyelidikan dengan mendatangi FZ di kediamannya. Tapi saat itu FZ tidak berada dirumah, tapi sedang bersama temannya disalah satu kost di Desa Lasara Sisibahili sesuai pengakuan ibunya. Dan setelah anggota mendatangi FZ dilokasi yang disebutkan ibunya, kemudian didapati nama pelaku yang saat itu berada di sebuah Kost. “Setelah ditanya, pelaku mengakui motor itu memang hasil curiannya di Jalan Diponegoro Kota Gunungsitoli yang diambil didepan sebuah toko,” jelasnya.

Untuk menjalani proses hukum lebih lanjut, FZ diamankan di Ruang Tahanan Polres Nias. Turut juga diamankan barang bukti 1 unit Sepeda Motor merex Honda warna Hitam dengan nomor polisi BB 5367 TE, 1 buah kunci Sepeda Motor warna hitam bertuliskan Honda, 1 Buah Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB milik Syamsul Efendi Sikumbang dan 1 buah STNK atas nama Syamsul Efendi Sikumbang. Dan dikenakan pasal 362 KUHP, dengan ancaman 5 tahun penjara, tegas Kapolres Nias.

Mantan Wakil Kepala Kepolisian Resor Siantar ini juga menyebutkan, motif pelaku melakukan pencurian itu adalah berniat ingin memiliki, sehingga motor itu disimpan di rumah temannya. Untuk itu, saya menghimbau kepada masyarakat supaya menjaga barang berharga, dengan tidak ditaruh ditempat-tempat yang tidak bisa diawasi. Dan juga kepada orang tua, saya juga menghimbau supaya mengawasi anak-anaknya sehingga tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, imbuhnya.#Yasa Gulo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here