Bawa Sabu Ke Idanogawo, Warga Desa Hilialawa Diringkus Polisi

0
2066
Tersangka IZ sedang menjalani pemeriksaan diruang SatresNarkoba Polres Nias. FOTO: UMBU ZOMASI TELAMBANUA/KATANIAS.COM

GUNUNGSITOLI-KATANIAS.COM
Pengungkapan peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang gencar dilakukan personel Kepolisian Resor Nias melalui Satuan Reserse Narkoba. Kamis 6/12/2018, seorang pria berusia 27 tahun diringkus di pinggir jalan umum Desa Saiwahili Hiliadulo, Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias. Dari tangan warga Desa Hilialawa Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan, didapati sabu-sabu seberat 1,02 gram.

Pelaku berinisial IZ alias Ama Sakira sebelumnya telah diintai Polisi. Sebab dari informasi masyarakat, pria ini diduga mengedarkan sabu di wilayah Kecamatan Idanogawo. Sekira jam pukul 8 malam, personel Satresnarkoba Polres Nias membekuknya di pinggir jalan umum Desa Siwahili Hiliadulo.

“Kita terus berupaya mengungkap peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Nias. IZ ini telah diselidiki berdasarkan informasi masyarakat,” ujar Kepala Polres Nias, AKBP Deni Kurniawan melalui Kepala Satresnarkoba, IPTU Soni Zalukhu, Jumat 7/12/2018.

Tersangka IZ sedang menjalani pemeriksaan diruang SatresNarkoba Polres Nias.
FOTO: UMBU ZOMASI TELAMBANUA/KATANIAS.COM

Soni zalukhu membeberkan, IZ sedang melintasi jalan umum tepatnya di Desa Saiwahili dengan mengendarai Honda Beat warna hitam. Saat diberhentikan petugas, tersangka ini pun digeledah, dan di kantong kecil sebelah kanan ditemukan satu bungkus rokok merek sampoerna kecil. Setelah dibuka, di dalamnya terdapat 1 buah plastik transparan yang berisi narkotika diduga jenis sabu. Barang itu terbungkus dalam 1 plastik transparan. “Ditemukan juga bungkusan tisu warna putih yang setelah dibuka di dalamnya terdapat 1 buah tish,” ungkap Soni Zalukhu yang sebelumnya menjabat KBO Satreskrim Polres Nias.



Atas perbuatannya, IZ kemudian digelandang menuju Mako Polres Nias di Jalan Bhayangkari Kecamatan Gunungsitoli. Selain sabu seberat 1,02 gram, tisu dan plastik klip, diamankan juga sejumlah barang sebagai barang bukti. Yakni 1 unit Sepeda Motor merek Honda Beat warna Hitam dengan nomor Polisi BB 2581 TB.

“Bila terbukti, IZ terancam hukuman maksimal selama 20 tahun penjara. Karena disangkakan telah melanggar Pasal 114 Ayat 1 subsider Pasal 112 ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika,” pungkas Soni Zalukhu.Umbu Zomasi Telaumbanua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here