Bawa Sabu Dari Aceh, Pria Kelahiran Siantar Ditangkap Di Pelabuhan Gunungsitoli

0
1867

GUNUNGSITOLI- KATANIAS.COM
Upaya mencegah masuknya narkotika dan obat-obatan terlarang ke Kepulauan Nias terus dilakukan Kepolisian Resor Nias. Kepala Satuan Reserse Narkoba pun menginstruksikan anggotanya untuk melakukan pemantauan dan penindakan hukum bagi para pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkoba. Kerja keras melalui Tim Buru Sergap Satresnarkoba pun membuahkan hasil positif.

Kali ini, JKZ alias Iwan diringkus di Dermaga Pelabuhan Gunungsitoli, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Saombo, Kota Gunungsitoli, pada Senin 31/12/2018 lalu. Pria kelahiran Pematang Siantar yang berusia 35 tahun ini, kedapatan membawa 20 buah plastik berisi butiran kristal yang diduga narkoba jenis Sabu dengan berat kotor 12 gram.

Jika terbukti bersalah, ia terancam hukuman penjara maksimal selama 20 tahun. Sebab polisi mengenakan pelanggaran terhadap Pasal 114 ayat 1 dan 2 subsider Pasal 112 ayat 1 dan 2 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Kepala Polres Nias, Ajun Komisaris Besar Polisi Deni Kurniawan mengungkapkan, pelaku ditangkap atas informasi didapat dari masyarakat. Dari penyelidikan anggota Tim Buser Satresnarkoba, Iwan akan masuk ke Gunungsitoli dengan menaiki KMP Teluk Singkil dari Pelabuhan Singkil menuju Pelabuhan Angin Gunungsitoli yang mengendarai mobil Mitsubishi L 300 warna hitam yang bernomor Polisi BK 8407 CC. Dengan modus pelaku, berpura-pura sebagai penjual sayur yang dibeli dari Kabanjahe dan dibawa ke Gunungsitoli melalui pelabuhan Singkil.

“Sekira pukul 09.00 WIB pagi KMP Teluk Singkil bersandar di Pelabuhan Angin Gunungsitoli, mobil itupun kelihatan turun dari Kapal . Dan saat keluar, Personil Polisi Resor Nias yang dipimpin langsung Kasatres Narkoba Inspektur Polisi Satu Martua Manik segera melakukan penangkapan, dan penggeledahan di dekat gudang semen PT Pelni Pelabuhan Angin Gunungsitoli,” ungkap AKBP Deni Kurniawan saat menggelar konferensi Pers di Mako Polres, Rabu 2/1/2019, sore kemarin.

Dengan disaksikan orang, lanjut Deni Kurniawan, Polisi menggeledah Iwan dan kabin mobil itu. Awalnya ditemukan satu buah plastik berisi butiran kristal di sarung setir mobil yang ditumpangi JKZ. Bukan hanya itu, Polisi lagi mendapati barang bukti diduga narkoba jenis Sabu sebanyak 19 buah butiran kristal yang dibungkus plastik putih di samping truk yang ada di gudang semen tersebut. Dan dari hasil interogasi, JKZ mengakui bahwa barang itu miliknya yang dia peroleh dari Aceh, bebernya.

Iwan yang tercatat sebagai warga Desa Sifaoroasi Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, akhirnya digelandang ke Markas Polres Nias. Ia pun meringkuk di ruang tahanan Mapolres Nias di Jalan Bhayangkari, Gunungsitoli.




Bersamanya turut diamankan dua puluh lembar plastik klip berisikan kristal yang diduga narkoba jenis sabu dengan berat sekitar 13 gram, satu unit Handphone merek Nokia warna biru muda dan Mobil L 300 dengan nomor Polisi BK 8407 CC beserta STNK dan kuncinya. Dan juga pemilik mobil yang di kendarainya berinsial IS ikut juga dibawa ke Polres Nias guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, terang Kapolres Nias yang didampingi Waka Polres Nias, Kompol Elizama Zalaukhu, PS. Subbag Humas, Bripka Restu Elman Gulo dan KBO Satres Narkoba, Ipda Hesena Ziliwu. # Niasti Zalukhu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here