Bawa Ganja Dalam Ransel, Saidan Diringkus di Jalan Poros

0
321

Mengaku Diminta Mengantar ke Lapas Idi

Saidan (24), seorang Nelayan yang kedapatan membawa 600 gram ganja siap edar. MUHAMMAD DAUD/KATANIAS.COM

ACEH TIMUR – KATANIAS.COM
Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Timur kembali menggagalkan upaya peredaran narkotika di wilayanya. Jumat 8/9/2017 dini hari, seorang pelaku penyalahgunaan narkotika dibekuk sekira pukul 00.30 Wib. Muhammad Saidan (24), yang sehari-hari berprofesi sebagai Nelayan, dibekuk saat melintas di Jalan Poros Medan-Banda Aceh.

Diungkapkan Kepala Polres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto, pelaku ditangkap di Desa Blang Bugeng Kecamatan Nurussalam, Aceh Timur. Saat itu ia mengendarai sepeda motor Yamaha Jupiter MX tanpa plat nomor. “Pelaku kedapatan membawa narkotika jenis ganja di tas ranselnya,” katanya melalui Kasat Resnarkoba Polres Aceh Timur, Iptu Hendra Gunawan Tanjung, Sabtu 9/9/2017 di ruang kerja.

Iptu Hendra membeberkan, penangkapan berawal dari patroli anggota Opsnal Narkoba di Desa Blang Bugeng. Curiga dengan gelagat Saidan, petugas mengikutinya dan mencoba memberhentikan motor pelaku. Saat diperiksa tas ransel yang dibawa, ternyata berisi ganja siap edar.

“Saat diintrogasi, pelaku mengaku ganja tersebut milik rekannya AM, seorang narapidana yang mendekam di Lembaga Pemasyarakat Idi Rayeuk. AM yang meminta pelaku untuk mengantar ganja tersebut ke lapas,” jelasnya.

Dari tangan pelaku yang tercatat sebagai warga Desa Blang Geulumpang Kecamatan Idi Rayeuk, Polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Yakni 1 buah tas ransel warna hitam, yang di dalamnya terdapat 1 buah plastik asoi warna biru. Yang berisi narkotika yang diduga jenis ganja seberat 600 gram. Sepeda motor yang dipakai pelaku juga diamankan, beserta 1 unit telepon genggam merek Lenovo berwarna hitam.

Saidan terancam dihukum penjara paling singkat 5 tahun penjara, karena disangkakan Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Penulis: Muhammad Daud
Editor: Sonny Lee Hutagalung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here